Kompak Pasti Berdampak

 KOMPAK PASTI BERDAMPAK



Tak ada rasa bangga ketika semua terjun ambil bagian. Semua bekerja dalam kinerja sesuai tupoksi. Partisipasi anggota dalam komunitas belajar adalah sebuah keniscayaan jika ingin mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan bekerja berkolaborasi semua hal terkendali dan sukses, tuntas. 


Pemikiran di atas bukan basa-basi, tetapi memang logis dan dapat dipahami. Penulis bangga sekali gus merasa haru, guru rekan kerja selama ini pada setiap  kegiatan yang dilakukan selalu bekerja sama dan kompak satu sama lain. 


Satu waktu, penulis sebagai pemimpin mereka pada sekolah ini betul-betul kewalahan dalam anggaran. Apa yang terjadi? Mereka guru-guru dengan suka rela mengadakan iuran. Iuran seiklasnya, hingga pada akhirnya kegiatan berlangsung lancar dan sukses. 


Iuran sederhana secara suka rela tidak seberapa, namun bernilai luar biasa. Yang memulai bergerak terutama ibu-ibu. Mereka pun tidak memaksa semua guru untuk ikut iuran. Jika dana keperluan telah terpenuhi, usai sudah memungut anggaran. 


Seperti yang terjadi saat kegiatan Isra-Miraz kemarin. Selain acara utama tablig akbar dengan mengundang penceramah dari luar sekolah, kegiatan juga terbiasa  ditambah dengan lomba tumpeng. Anggaran yang dipungut dr guru- guru itu adalah untuk hadiah lomba tumpeng. Dengan senang hati mereka memungut iuran dari rekan guru. Lalu Bu Hani salah seorang guru  membeli alat kebersihan kelas untuk hadiah lomba tumpeng peringkat 1, 2, dan 3 dari 9 kelas atau 9 tumpeng yang dilombakan. 


Pembagian hadiah dilaksanakan saat Upacara Bendera, Senin 25 Februari 2024 lalu. Lewat kekompakkan pula, kami selalu saja tiap akhir kegiatan selalu melakukan refleksi kegiatan dan tindak lanjut sebagai upaya perbaikan langkah kegiatan berikutnya. 


Tidak hanya kegiatan Isra Miraz, tetapi setiap apapun kegiatan di sekolah, kinerja guru-guru selalu terlihat kompak. Saling membantu satu sama lain. Bapak-Bapak bagian lapangan sedangkan Ibu-Ibu bagian perdapuran atau konsumsi


Tak ada gading yang tak retak, setia apapun kegiatan yang dilaksanakan sudah barang tentu pasti ada hambatan dan rintangan. Namun, dengan kekompakan antarunsur terkait akan berdampak pada hasil kinerja.  Bisa!

Komentar

  1. "Iuran sederhana secara suka rela tidak seberapa, namun bernilai luar biasa."
    Percaya lah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

YANG BAPAK TANAMKAN

KOORDINASI MEMBANGUN SINERGITAS YANG TUNTAS