Jejak Pertama di Tempat Tugas Kedua

 



Antara sadar dan tidak, tetapi memang ini fakta, saya ayunkan langkah untuk mendekati ruang kantor sekolah. Hari ini Senin, 9 Januari 2023 adalah jejak pertama saya tiba di tempat tugas kedua setelah kurang lebih dua puluh lima tahun menjadi guru. Sambutan beberapa guru dan  tenaga tata Usaha memberi kehangatan tersendiri. "Yaa Rabb, ini adalah tempat sesungguhnya menjadi pimpinan satuan pendidikan," ungkap syukur saya.  

Setelah sekian lama menunggu kurang lebih setahun penantian di pelantikan.

"Berikan kemampuan meninggalkan jejak baik, Ya, Allah!" Saya terus meratap pada-Nya dalam doa. 

Tanggal 4 Januari 2023 menjadi tonggak sejarah dengan diterimanya  SK dari Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan tentang penugasan saya menjadi pimpinan satuan pendidikan di SMPN 3 Cililin. Yang ternyata sekolah ini berada di puncak bukit dengan medan perjalanan sungguh luar biasa. Luar biasa ekstrimnya, luar biasa pula  keindahannya. Menerobos hati, indah di pandang mata. Sekali menatap bukit, sekali itu pula merasa ada di kaki langit. 

Bersalaman pertama dengan warga sekolah memberi kenyamanan dan kesan hebat terpatri di dalam diri. Sambutan hangat tersebut memunculkan motivasi untuk terus melangkah dan berkiprah menorehkan sejarah agar sekokah maju dan kompak bergerak. Target pertama yang saya usung hanyalah saya ingin merasa nyaman dengan warga sekolah  demikian pula sebaliknya warga sekolah nyaman dengan kehadiran saya. 

Perjalanan dari rumah ke sekolah terus saya pantau. Ternyata hanya kurang lebih 45 menit bisa sampai di sekolah. Sayang seribu sayang,  saya belum bisa naik sepeda motor. Dua tantangan menimpa pundak saya. Tantangan memimpin satuan pendidikan, sekaligus tantangan belajar sepeda motor. "Haruskah saya terus bergantung pada guru yang pergi ke sekolah?" jeritan batin saya. 

Hari kesatu hanya berkenalan satu dengan lainnya. Memberi keakraban tanpa jaga image atau tahan harga itu adalah target utama. Selain kenalan atau  orientasi dengan warga sekolah juga saya berkeliling sekolah seberapa bagus dan kurang bagusnya sekolah yang saya pimpin ini. 

Dengan prinsip diri, saya harus meninggalkan jejak baik di sekolah. Saya memulai mengayuh perahu di atas samudra. Mulai bergerak mendobrak kiprah, menoreh sejarah. Bismillah


Bandung Barat, 9 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YANG BAPAK TANAMKAN

KOORDINASI MEMBANGUN SINERGITAS YANG TUNTAS